Pentingnya Memahami Komunikasi Organisasi


KOMHUM.blogspot.co.id - Seiring perkembangan dunia, pola kehidupan manusia juga ikut berkembang, yang dulu hidup konvensial menjadi hidup dalam dunia industri, apalagi dengan terbukanya pasar bebas di tahun 2015 lalu untuk kawasan Asia. Perkembangan organanisasi juga ikut berkembang baik bersamanya misalnya organisasi bisnis, pendidikan, lembaga swadaya dll.

Begitu banyak organisasi tumbuh disamping kita, mungkin juga kita merupakan bagain dari organisasi tertentu. tidak bisa dipungkiri dalam tubuh organisasi sering terjadinya pertikaian-pertikaian dari yang kecil sampai yang besar, permasalahan itu semua tidak terlepas dari kurangnya pemahaman Komunikasi dan organisasi.

Pentingnya komunikasi dengan manusia satu hal yang tidak dapat dipungkiri manusia, begitu juga halnya organisasi. tidak hanya pengetahuan dasar tentang organisasi sebagai suatu lingkungan tertentu yang berstruktur, berkarakteristik, serta memiliki fungsi tertentu adalah suatu hal yang mendukung kelancaran komunikasi organisasi.

Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang berarti paduan dari bagian-bagian yang satu sama lain saling bergantung. sedangkan komunikasi organisasi adalah pengirim dan penerima berbagai pesan di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri untuk kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja dalam organisasi, produktivitas dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: Memo, Kebijakan, Pernyataan, jumpa perss, dan surat-surat resmi. Adapun komunikasi informal ialah komunikasi yang disetujui secara sosial orientasinya bukan kepada organisasi tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.

Hubungan antara ilmu komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjaunnya yang terfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam pencapain tujuan organisasi itu, ilmu komunikasi mempertahankan bentuk komunikasi apa yang berlangsung dalam organisasi, metode dan teknik apa yang digunakan, media apa yang dipakai, bagaimana prosesnya, faktor apa saja menjadi penghambatnya.

Dengan memahami komunikasi organisasi dengan baik maka akan terwujud suatu sistem organisasi yang baik, sehingga budaya kerja dan proses interaksi dalam lingkungan kerja juga akan baik. (Admin)
Pentingnya Memahami Komunikasi Organisasi Pentingnya Memahami Komunikasi Organisasi Reviewed by Komhum on February 13, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.